Sharing Cara Beli Emas ANTAM di Butik Antam

Menyimpan aset dalam bentuk logam mulia atau emas batangan sekarang makin populer ya. Masih kontroversi apakah emas benar-benar investasi atau hanya pelindung nilai (hedge fund), meski sebetulnya emas bisa berfungsi keduanya. 

Emas dapat berfungsi sebagai investasi dan juga sebagai instrumen hedging, tetapi kedua konsep ini memiliki tujuan dan cara penggunaan yang berbeda.

Emas sebagai Investasi

  1. Aset Berharga: Emas sering dianggap sebagai aset berharga yang dapat meningkatkan nilai seiring waktu. Banyak orang membeli emas untuk menambah portofolio investasi mereka.
  2. Peningkatan Nilai: Dalam jangka panjang, harga emas cenderung meningkat, terutama saat kondisi ekonomi tidak stabil atau inflasi tinggi.

Emas sebagai Hedge Fund

  1. Lindung Nilai: Emas sering digunakan sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan ketidakpastian ekonomi. Dalam situasi di mana nilai mata uang menurun, emas biasanya mempertahankan nilainya.
  2. Diversifikasi Portofolio: Investor sering memasukkan emas dalam portofolio mereka untuk mendiversifikasi risiko, karena harga emas seringkali bergerak terbalik dengan pasar saham.

Buat saya yang asetnya recehan, saya cenderung menganggap emas sebagai pelindung nilai atau pengaman aset daripada investasi, karena meskipun terlihat melonjak sejatinya nilainya tetap segitu-segitu aja. 

beli emas di Butik Antam

Beli Emas Logam Mulia di Butik Antam 

Butik Emas LM ANTAM atau BELM ANTAM adalah fasilitas pelayanan masyarakat yang disediakan oleh PT. Aneka Tambang Tbk. Melalui Butik Emas ini, kita bisa mengakses berbagai layanan pembelian emas Antam LM, buyback emas Antam LM, hingga registrasi BRANKAS LM.

Untuk mendapatkan logam mulia, kita bisa beli emas batangan lewat seller individu atau lembaga seperti bank, pegadaian, atau butik Antam. Di Pegadaian, tersedia beberapa merek logam mulia seperti Antam, UBS, Lotus Archi, dan Galeri 24. 

Nah kalau di Butik Antam, jelas ya, hanya menjual produk Antam saja. Kalau teman-teman mau coba beli emas di Butik Antam, bisa simak pengalaman cara beli emas Antam di Butik Antam ini.

1. Persiapkan Diri

Cari tahu dulu lokasi butik, jam buka, dan jam tutupnya. 

Kenapa ini penting? Karena orang-orang tuh pada dateng dari pagi buat dapat no antrean, dan nomernya bisa sampai ratusan. Jadi pastikan hari itu kita agak longgar, atau mungkin cuti kerja karena Butik Antam juga bukanya hanya di hari kerja. 

Jam operasional Butik Antam mulai 08.00 - 15.00. Lokasi Butik Antam di beberapa kota bisa dicek di website resminya. Nggak semua kota ada, dan tulisan ini berdasarkan pengalaman di Butik Antam Bandung, Jalan Banda (ex Graha Pos). 

2. Cek Harga Emas

Sebetulnya bisa dicek lebih lengkap pas di butik sih. Tapi ada baiknya kita cek harga emas hari itu biar dana yang disiapkan juga sesuai dengan berat emas yang kita mau beli. 

Jangan khawatir, di Butik Antam kita boleh beli mulai 1 gram kok. Nggak perlu insecure ya. Orang-orang yang ke sini juga belum tentu pada beli emas kiloan. Ada yang rutin tiap bulan beli 1 gram daripada uangnya habis. Dan kita juga nggak akan tahu masing-masing customer beli berapa gram. Chill! 

3. Tunggu Panggilan #1 : Memilih Jenis Emas

Selama nunggu antrean, kita bisa ngobrol-ngobrol dengan sesama pengantre, atau lihat-lihat display sampel emas di beberapa etalase, menyimak layar pergerakan harga emas dunia, atau bolak-balik ambil minum di dispenser juga bisa. 

Kita akan dipanggil menuju meja petugas untuk memilih jenis emas apa yang akan dibeli, lalu diberikan invoice untuk pembayaran. Siapkan KTP dan mbanking. Lebih baik lakukan pembayaran cashless melalui transfer atau QRIS untuk efisiensi waktu. 

Setelah transaksi selesai, kita diminta menunggu lagi sebentar untuk panggilan ke loket. 

4. Tunggu Panggilan #2 : Bukti Transaksi 

Saya kira ke loket ini untuk menerima emas, ternyata untuk memverifikasi transaksi yang dilakukan sebelumnya dan mendapatkan bukti transaksinya untuk pengambilan di panggilan selanjutnya. Nggak lama, di sini nggak sampai 5 menit. 

5.  Tunggu Panggilan #3: Ambil Emas dan Sertifikat

Setelah pembayaran dan verifikasi clear, kita akan dipanggil lagi ke ruangan tertutup untuk menerima emas yang dibeli beserta sertifikatnya. Sertifikat ini penting sebagai bukti keaslian dan nilai investasi kita. Berapa pun beratnya, simpan baik-baik yaahh. 

Secara teknis, proses pembelian logam mulia di Butik Antam selesai sampai sini. Jika kita beli dalam jumlah besar, pertimbangkan untuk mengambil asuransi emas. Ini akan melindungi investasi kita dari risiko kehilangan atau kerusakan. 

Sekali lagi, di Butik Antam ini kita juga bisa jual logam mulia, bisa beli brankas logam mulia, dan buat yang melakukan pembelian online bisa ambil emasnya di Butik Antam. 

Kalau teman-teman memiliki pertanyaan seputar produk logam mulia emas Antam bisa menghubungi Call Center 0804-1-888-888. Bagi yang membutuhkan bantuan atau mungkin ingin mengajukan pengaduan bisa melayangkan email ke infolm@antam.com.

So, jangan ragu buat beli emas di Butik Antam ya, selain terjamin asli dan dapat edisi terbaru, harganya juga genuine. Pede aja. Semua orang mulai dari 1 gram emas :) 

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url