Rahasia Motif Goyardine yang Ikonik dalam Tas Goyard


Tidak banyak yang tahu, kalau tas goyard memiliki sejarah yang panjang sejak abad ke-18. Bisnis ini bermula di kota Paris, yang merupakan perusahaan layanan pengemasan, pembuatan koper, trunk dan box di mana mereka memakai bahan kanvas yang dilapisi minyak agar awet dan tahan air.

Setelah melalui beberapa kali regenerasi, pada tahun 1853, François Goyard (1828-1890) mendirikan Maison Goyard yang dilanjutkan oleh putranya, Edmond Goyard yang membawa nama brand ini naik ke permukaan melalui iklan, dan pembukaan sejumlah cabang di berbagai kota fashion besar.

Sukses menancapkan nama brandnya di kalangan eksklusif, Goyard dipercaya menjadi penyedia layanan tas custom untuk kerajaan dan kepresidenan. Tersebut kerajaan Inggris, Rusia, dan kepresidenan Amerika telah menjadi pelanggan utamanya.

Hingga pada abad ke-20, Goyard merambah ke kalangan selebriti dunia dan disukai oleh banyak orang. Sedikit misterius dan eksklusif, kesan ini yang ingin ditampilkan brand Goyard sebagai sebuah kemewahan.

Motif Goyardine yang Ikonik


Motif Goyardine adalah ciri khas yang paling dikenal dari merek tas Goyard. Edmond Goyard membuat pola ini menggambarkan pekerjaan leluhurnya sebagai tukang kayu dan membentuk tiga bentuk chevron berdekatan yang saling berlawanan arah, membentuk huruf Y - yang merupakan alfabet tengah dari nama keluarga GOYARD.

Kalau lebih teliti lagi, ada satu Y yang terdiri nama E.Goyard berwarna putih, alamat toko St Honore dengan coklat muda, dan Paris dalam dua warna; cokelat tua dan muda.

Meski sekarang keluarga Goyard sudah tidak ada setelah 150 tahun kepemilikan, eksklusivitas dan warisan keunikan Goyard bertahan turun temurun. Jean-Michel Signoles yang membeli perusahaan Goyard di tahun 1998 adalah kolektor dan penggemar berat Goyard sejak lama sehingga ia merawat orisinalitas kejayaan dan tradisi Goyard yang mengedepankan kualitas.

Signoles kemudian memperkenalkan ragam palet warna baru pada desain Goyard. Warna-warna tersebut mencakup merah, oranye, kuning, hijau, biru langit, biru tua, merah anggur, putih dan abu-abu. Ia juga memperluas cakupan pasarnya ke Amerika, Eropa, Asia, dan Amerika Selatan.

Begitu detail dan romantisnya perjalanan merek Goyard berabad-abad, wajar ya kalau tas Goyard termasuk brand luxury yang harganya mahal. Di balik kesederhanaan motifnya yang mungkin terlihat begitu doang, tersimpan rahasia kejayaan keluarga Goyard dengan keahliannya.

Bukan Kulit, Tapi Kanvas yang Mendunia

Kalau selama ini tas branded memakai kulit hewan sebagai simbol kemewahan dan ketahanan, Goyard memilih kanvas laminasi sebagai bahan produk unggulannya.

Alasan kenapa canvas lebih baik, antara lain kekuatan dan daya tahannya terhadap beban berat. Ini berhubungan dengan bisnis awalnya Goyard membuat koper dan pengemasan barang. Lalu canvas lebih ringan sehingga tidak menambah beban saat dibawa. Canvas juga memiliki pori-pori untuk sirkulasi udara sehingga barang-barang di dalamnya tidak menjadi lembap. Terakhir, versatilitas di mana kanvas bisa dipakai berbagai gaya dan suasana, juga mudah perawatannya.

Kanvas laminasi merupakan pengembangan dari kanvas biasa yang telah dilapisi dengan bahan lain, biasanya plastik atau bahan sintetis, untuk memberikan lapisan pelindung tambahan. Proses laminasi ini membuat kanvas menjadi lebih tahan air, noda, dan goresan.

Tiga Rekomendasi Tas Goyard yang Populer

Goyard termasuk merek yang memiliki sedikit butik di seluruh dunia. Bahkan di situsnya pun produknya tidak dijual online. Jadi, kalau mau beli tas Goyard di Indonesia tentu saja di Voila.id di mana kita bisa mendapatkan barang branded original dan memberikan harga konversi ke rupiah.

Tiga rekomendasi tas Goyard dari dailyrella ini bisa jadi pertimbangan buat yang bingung mau beli tipe yang mana.

Goyard Anjou Mini Black Tan

Meski mini dengan ukuran L 20 x W 10 x H 20 cm, Anjou Mini Bag punya banyak penggemar karena ringkas dan cocok di segala suasana. Memiliki inner canvas Goyardine dan outer kulit dengan motif khas, tas ini bisa dipakai dengan dua gaya reversible. Black dan tan merupakan kombinasi warna netral untuk outfit apa pun.

Harga 39.500.000

tas Goyard

Goyard St Louis PM Tote Bag Black

Terinspirasi dari nama Raja Perancis, King Louis IX, tas Goyard St Louis adalah item paling populer dan berkontribusi 50% dari pendapatan Goyard. Terbuat dari kombinasi canvas Goyardine dan calfskin, tote bag ini sangat ikonik dan langsung bisa diidentifikasi sebagai ‘Goyard banget’.

Dengan dimensi besar L 34 x W 15 x H 28 cm, St Louis sangat ringan dan cocok untuk yang suka bawa banyak barang di dalamnya.

Harga 28.200.000

Goyard Saigon Souple Mini Bag White

Ini rekomendasi buat pecinta handbag yang bisa dipakai dengan atau tanpa tali bahu panjang. Memiliki dimensi L 20 x W 7.5 x H 15 cm, Saigon Souple Mini Bag merepresentasikan simbol Maison Goyard dengan handle kayu beech, dan interior pocket yang elegan.

Harga 65.000.000

Tas Goyard yang Disukai Para Artis Lokal

Banyak kalangan elit, termasuk artis dalam dan luar negeri yang terlihat elegan menenteng tas Goyard dalam berbagai kesempatan. Bahkan dalam outwear casual dan santai, tas Goyard punya kharisma yang eksklusif. Cek aja artis dan public figure lokal kita yang memakai tas Goyard untuk melengkapi penampilan sempurnanya.

Aaaliyah Massaid dengan Anjou Mini Bag Navy


Dian Sastro dengan Goyard Saigon Structured Mini Bag 


Rafael Struick dengan Goyard Belvedere PM Sky Blue 





Next Post Previous Post
33 Comments
  • erykaditya
    erykaditya 9 Agustus 2024 pukul 14.02

    ternyata harganya WOW donkkk dan seeksklusif itu makanya aku kok serasa gak kenal ini brand duhhh kudetya aku ini hiksss...
    kalo motifnya sie mungkin beberapa kali lihat seceara gak sengaja entah itu imitasi atau asli dan ternyata salah satu brand mahal donk

  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin 9 Agustus 2024 pukul 16.20

    Pernah baca (lupa sumbernya) kalau Goyard senior adalah seorang seniman ya? Jadi karya seninya diaplikasikan dalam tas canvas dan desainnya juga unik. enggak heran harganya segitu (harga para sosialitaaaa).

  • nurul rahma
    nurul rahma 9 Agustus 2024 pukul 19.37

    Hanya kalangan tertentu yg match dgn tas mevvah ini yha.
    klo aku yg pakai, yo palingo dikiro tumbas nang pasar turi 😹😹😹
    kalo dian sastro yg pakai, kece amaatt dah

  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen 9 Agustus 2024 pukul 22.03

    Goyard ini kesannya lebih ekslusif. Aku pun LBH suka model2 tas goyard drpd brand yg lain di level harga sama. 😍.

    Cuma skr mengagumi ajalah mba 🀣. Harganya sih masih oke, tapi aku lebih milih traveling dengan budget segitu drpd beli tas πŸ˜…. Yg pasti kalo pun niat beli, udh ada tempat terpercaya utk membeli brg yg originalnya di mana yaa ,πŸ‘πŸ‘. PGN juga liat2 barang koleksi yg dijual voila ini 😍

  • Fajarwalker.com
    Fajarwalker.com 9 Agustus 2024 pukul 22.37

    Aku ngeliat brand-brand yang selalu nambahin kata 'Paris' di belakangnya, itu bawaannya jadi kayak terpacu gitu lho mbak. Mosok mereka aja bisa lho sebegitu bangganya dan menjadikan kota asal sebagai identitas mereka, masa kita ngga.

    Moga aja bisa ya suatu saat nanti kita nemuin merk lokal yang lebih pride seperti :
    - Lala Bogor
    - Alfredo Tangerang
    - Chanza Bali
    Moga aja ya, kita bisa cinta sama tanah kita sendiri. Syukur-syukur bisa dijual dengan harga selangit pulak.

  • Lala
    Lala 10 Agustus 2024 pukul 05.22

    Salut, bahannya dari Canvas jadi enggak pake kulit-kulit. Ini bukan sekadar tas, melainkan seni juga ya karena motif nya emang nyeni banget.

    Berasa beli karya seni sih ini mah, jadi wajarlah harganya puluhan juta. Kalau aku punya pendapatan lebih besar dari harga si tas, aku pengen beli yang Goyard Saigon Souple Mini Bag White. Sekitar 65 jutaan mantep sih, cakeppp.

  • Tukang jalan jajan
    Tukang jalan jajan 12 Agustus 2024 pukul 14.50

    terpesona dengan motif Goyardine yang unik dan penuh makns. Baru tahu kalau ternyata ada sejarah dan makna mendalam di balik setiap garisnya. Terima kasih telah berbagi informasi yang sangat berharga. Bagi mata orang biasa mungkin ini terlalu biasa tapi sebenarnya penuh makna

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 12 Agustus 2024 pukul 17.40

    Tas branded emang beda ya
    Motifnya saja nyeni banget
    Modelnya juga lucu lucu
    Banyak juga artis lokal yang suka dengan koleksi tas Goyard ini ya
    Modelnya emang elegan

  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro 12 Agustus 2024 pukul 18.41

    Harga tas Goyard lumayan tak terjamah oleh dompetku sih. Tapi detail motifnya emang unik dan keren banget. Dipake para artis pun jadi terliat makin mahal.

  • @miss_nidy
    @miss_nidy 13 Agustus 2024 pukul 05.03

    Kalau yang dipakai Dian Sastro itu model Saigon Souple Mini kah? Aku salut sama brand ini walau nggak pakai full leather, tapi harganya bisa tinggi banget, berkah motifnya yang statement banget. Kalau dari jauh ada yang pakai langsung ngebatin "horang kayaaa" πŸ˜‚

  • Ainun
    Ainun 13 Agustus 2024 pukul 05.28

    bagusss, aku suka motifnya, dari jauh udah terlihat keren Goyard ini. Tapi memang harganya, hiksss
    kalau udah pecinta suatu brand, kadang kala kita kayak pengen beli gitu ya nama brandnya, terus kita rawat dan publish lagi supaya makinbanyak yang kenal dengan Goyard ini, ternyata Goyard memang legend

  • Dewi Rieka
    Dewi Rieka 13 Agustus 2024 pukul 07.10

    Ternyata Goyard ini brand klasik ya aku baru tahu dong dan kemarin lihat brand Malaysia bikin model serupa dengan motif geometris yang berbeda..kaget aja tas tote bukan kulit harganya fantastis hehe

  • lendyagassi
    lendyagassi 13 Agustus 2024 pukul 09.01

    Belum pernah punya wishlist tas Goyard, Rel..
    Maybe someday?
    Hahhaa.. ngayal dulu gapapa. Free.

    Tapi seandainya milih, keknya aku suka model yang dipake Aal.. tapi mau yg warna grey-nya. Nantik aku pake jalan ama Jeno di Paris Fashion Week.

  • lendyagassi
    lendyagassi 15 Agustus 2024 pukul 22.05

    Aku jadi inget brand kesukaan aku, Fossil — juga pakai kanvas laminasi.
    Itu versi low-budgetnya yaah.. sebelum beli Goyard.
    Cakeep beneerr..

    Memang tas itu bukan sekedar buat masukin perlengkapan yang dibutuhin pas jalan, tapi lebih dari itu, tas adalah fashion yang melengkapi ootd maniiss kita di suatu hari yang ceraah..

  • Nurul Sufitri
    Nurul Sufitri 16 Agustus 2024 pukul 09.54

    Aku belum familiar sama merek tas Goyard ini hihihi kudet amat yak :( Harganya wow banget. Pasti sebanding dengan kualitasnya ya. Buat gaya hidup dan menambah kepercayaan diri, sebagian orang berpunya membeli dan koleksi tas2 ini ya ga apa2 juga sih, wajar aja. Jadi pengen tahu lebih banyal Voila deh. Siapa tau beli beneran hehehe.

  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina 16 Agustus 2024 pukul 10.32

    Kalau boleh pilih aku mau Goyard St Louis PM Tote Bag Black tote bag ikonik dan langsung bisa diidentifikasi sebagai ‘Goyard banget’. APalagi gede pas buat ibuk-ibuk macam aku yang semua barang maunya masuk.
    Mau pesen ah ke anakku yang lagi kuliah di Prancis, siapa tahu dia nemu prelovednya jadi bisa lebih terjangkau gitu :)

  • Okti Li
    Okti Li 16 Agustus 2024 pukul 10.37

    Sekarang jadi tahu motif yang sekilas gak berarti apa apa itu ternyata kebanyakan mendetailkan akan huruf Y yang mana ada di tengah kata Goyard.

    Tak heran Goyard jadi legenda dan bernilai jual tinggi karena udah berabad-abad keberadaannya.
    Iya wajar ya kalau tas Goyard termasuk brand luxury yang harganya mahal. Di balik kesederhanaan motifnya yang mungkin terlihat begitu doang, tersimpan rahasia kejayaan keluarga Goyard dengan keahliannya. Keren...

  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 16 Agustus 2024 pukul 11.54

    Kepincut sama Goyard Saigon Structured Mini Bag
    Ah, mau cari produknya
    Lumayan kalau hangout ke Makassar bisa ada value dikit di depan keluarga besar hahaha

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 16 Agustus 2024 pukul 17.03

    Suka melihat tas kanvas.
    Gak nyangka mendunia, woow.
    Memang meren sih ya. Apalagi yang Goyard ini

    • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
      Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 1 September 2024 pukul 15.49

      Aku juga gak nyangka bisa mendunia juga ternyata
      Intinya kalau diupayakan dengan maksimal pasti bisa ya
      Di tangan tangan kreatif nih pastinya

  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati 17 Agustus 2024 pukul 17.49

    Tas eksklusif nih. Motif unik kelihatan berharganya seperti harganya hahaha. Sudah lama juga produk Goyard ini, lebih dari 150 tahun tetap eksis.

  • Antung apriana
    Antung apriana 17 Agustus 2024 pukul 19.03

    Tas branded begini pastinya harganya selangit ya Tapi

  • Antung apriana
    Antung apriana 17 Agustus 2024 pukul 19.04

    Tas branded begini harganya pasti selangit ya. Tapi siapa tahu kan nanti ke depannya dikasih rezeki melimpah jadi bisa membelinya

  • Siti hairul
    Siti hairul 17 Agustus 2024 pukul 20.24

    Motifnya khas banget y mak. Pemiliknya yang sekerang beneran konsisten menjga kekhasan motifny. Desainnya semakin modern tetapi keunikan motifnya tetap terjaga

  • Ida Raihan
    Ida Raihan 17 Agustus 2024 pukul 20.29

    Motifnya tas goyard emang bagus bagus ya, pantes banyak yang nupeng

  • Mutia Nurul Rahmah
    Mutia Nurul Rahmah 18 Agustus 2024 pukul 15.48

    Motif dari Goyard ini bagus sih, jadi kepengen punya minimal 1 deh hahaha

    • Bunda Saladin
      Bunda Saladin 31 Agustus 2024 pukul 06.38

      Perawatan tas kanvas malah lebih simple ya daripada tas kulit. Motif tas Goyard cakep bener tapi harganya juga cakep hehehehe. Masuk wishlist nih tasnya, bisa langsung meningkatkan kepercayaan diri.

  • Anis Lotus
    Anis Lotus 1 September 2024 pukul 11.17

    lagi cari-cari tas, dan ku menemukan harga diatas satu jutaan kelihatannya udah bagus banget. apalagi yang harga segituu, huhu menangis kantongku. Semoga rejeki lancar bisa beli tas-tas branded

  • Han
    Han 2 September 2024 pukul 11.33

    Wah ternyata ada maksud tersendiri yaak itu motif tasnya wkekeke emang beda kalo tasnya branded, udah ada filosofinya sendiri gak sihh

  • Wakhid Syamsudin
    Wakhid Syamsudin 2 September 2024 pukul 12.13

    Tas branded yang emang keren, pantaslah banyak kalangan elit, termasuk artis dalam dan luar negeri yang terlihat elegan menenteng tas Goyard dalam berbagai kesempatan.

  • Ayah Ugi
    Ayah Ugi 2 September 2024 pukul 12.20

    Tas branded asik-asik nih, bahannya juga canvas, jadi ringan dibawa ke mana-mana. Apalagi desainnya keren banget.

  • Hamimeha
    Hamimeha 2 September 2024 pukul 16.12

    Cakep ya mbak. Aku suka deh yg putih saigon sama yang dipakai sama mbak dian. Btw, tetap mewah ya meski bukan dr kulit binatang. Kece

  • windi astuti
    windi astuti 3 September 2024 pukul 11.39

    tas goyard memang menawan ya, banyak artis yang pakai. Selain dari harga, kualitas dan memang cakep-cakep modelnya. Saya yang orang biasa saja melihatnya suka. Ya sebatas suka memandang dari mata

Add Comment
comment url