Liburan Bebas Cemas, Vitamin C untuk Daya Tahan Tubuh Orang Dewasa

Musimnya liburan datang, jangan sampai badan tumbang. Maklum ya, seiring bertambahnya umur, sistem kekebalan tubuh pun menurun. Makanya butuh banget vitamin c yang bagus untuk daya tahan tubuh orang dewasa seperti vitamin c 1000 mg agar enjoy saat liburan dengan keluarga.

Mengapa Orang Dewasa Perlu Menjaga Daya Tahan Tubuh?

Memasuki usia dewasa, sistem kekebalan tubuh naturally mengalami penurunan fungsi. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, seperti penuaan, stres, kurang tidur, pola makan tidak sehat, kurang olahraga, dan adanya penyakit kronis.

Ketika daya tahan tubuh melemah, dampaknya bisa kemana-mana seperti lebih mudah terserang infeksi, mudah kelelahan, meningkatnya risiko komplikasi, nyeri sendi dan lain-lain. Jangan sampai deh banyak keluhan badan saat udah dewasa ya, maunya si makin tua tetap sehat dan bermanfaat, apalagi kalau masih bisa liburan syantik sama teman-teman sebaya, asyik banget.

So, perlu banget usaha meningkatkan daya tahan tubuh baik secara gaya hidup maupun lewat suplemen, antara lain kayak gini nih:
  • Menjaga Pola Makan Sehat. Konsumsi makanan kaya vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.
  • Tidur Cukup. Pastikan untuk tidur 7-8 jam setiap malam untuk memberikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat dan memulihkan diri.
  • Kelola Stres. Temukan cara yang sehat untuk mengelola stres, seperti yoga, meditasi, atau menghabiskan waktu di alam.
  • Rutin Berolahraga. Lakukan aktivitas fisik selama minimal 30 menit setiap hari untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.
  • Berhenti Merokok & Alkohol. Merokok dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko berbagai penyakit.
  • Mendapatkan Vaksinasi. Vaksinasi dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit infeksi.
  • Pemeriksaan Kesehatan Rutin. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mendeteksi dan mengobati penyakit sejak dini.
  • Minum Suplemen Vitamin.

Pentingnya Vitamin C untuk Orang Dewasa 

Siapa bilang vitamin hanya diperlukan untuk anak-anak yang sedang pertumbuhan saja? Faktanya, vitamin C sangat penting bagi orang dewasa, karena memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. 

Vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih kuat melawan infeksi dan penyakit.

Memelihara Kesehatan Kulit. 

Vitamin C berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang menjaga kulit tetap kenyal, halus, dan awet muda. Vitamin C juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar matahari.

Mempercepat Penyembuhan Luka. 

Vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen yang penting untuk penyembuhan luka. Vitamin C juga membantu tubuh menyerap zat besi, yang penting untuk pemulihan darah.

Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah. 

Vitamin C membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Vitamin C juga membantu mencegah tekanan darah tinggi.

Mencegah Kanker. 

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan kanker.

Meningkatkan Fungsi Kognitif. 

Vitamin C membantu meningkatkan fungsi kognitif dan memori, dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan demensia.

Menjaga Kesehatan Mata. 

Vitamin C membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar matahari. Vitamin C juga membantu mencegah katarak dan degenerasi makula pada orang dewasa dan lanjut usia.

Membantu Menangani Stres. 

Vitamin C membantu tubuh memproduksi hormon stres kortisol, dan dapat membantu mengurangi efek negatif stres pada tubuh.

Meningkatkan Kualitas Tidur. 

Vitamin C membantu tubuh memproduksi melatonin, hormon yang mengatur tidur. Vitamin C juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, yang dapat mengganggu tidur.

Orang dewasa membutuhkan sekitar 75-90 mg vitamin C per hari. Kebutuhan vitamin C dapat meningkat pada orang yang merokok, sering berolahraga, hamil atau menyusui, dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Vitamin C dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan, seperti buah-buahan (jeruk, stroberi, kiwi, jambu), sayuran (brokoli, cabe, paprika hijau, bayam), dan tomat. Selain itu, kita juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin C untuk melengkapi nutrisi yang tidak didapat dari makanan. 

Rekomendasi Vitamin C untuk Daya Tahan Tubuh Orang Dewasa 

Ada banyak produk suplemen vitamin C di pasaran dengan kandungan vitamin C yang sangat bervariasi, tergantung pada jenis produk, merek, dan formulasi. 

Misalnya begini nih

Tablet: Kandungan vitamin C berkisar antara 250 mg hingga 1000 mg per tablet.
Kapsul: Kandungan vitamin C berkisar antara 250 mg hingga 1000 mg per kapsul.
Effervescent: Kandungan vitamin C berkisar antara 500 mg hingga 1000 mg per tablet.
Gummy: Kandungan vitamin C berkisar antara 50 mg hingga 250 mg per gummy.

Nah, masing-masing bentuk sediaan ini mengandung vitamin C yang berbeda-beda. Jadi sesuaikan aja dengan kebutuhan dan preferensi cara meminumnya. Ada yang praktis seperti gummy dan tablet kunyah biasanya untuk anak-anak nih, ada juga yang harus dilarutkan seperti kapsul dan effervescent, atau cairan praktis yang satset nih tinggal minum dan bisa dibawa kemana-mana. 


Tiap sachet Sido Muncul C-1000 (dengan Ekstrak Lemon/Sweet Orange), mengandung:
  • Vitamin C 1000 mg, memenuhi 1333% kebutuhan vitamin C harian orang dewasa (AKG) dan berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh, membantu pembentukan kolagen yang baik untuk kulit, dan bertindak sebagai antioksidan.
  • Vitamin E 25 mg, membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut, serta melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Vitamin B3 10 mg, membantu metabolisme energi dan menjaga kesehatan sistem saraf.
  • Vitamin B6 5 mg, membantu metabolisme protein dan asam amino, serta menjaga kesehatan sistem saraf.
  • Vitamin B12 5 mcg, membantu pembentukan sel darah merah dan menjaga kesehatan sistem saraf.
  • Honey 100mg, sumber energi alami dan memiliki sifat antibakteri.
Harganya nggak sampai 10 ribuan per box berisi 6 sachet. Cocok buat perjalanan liburan pulang pergi. Sehari minum satu sachet cukup mendukung liburan bebas cemas dan asyik dengan bekal vitamin c yang bagus untuk daya tahan tubuh orang dewasa.  

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url