Asyiknya Blogger Short Course with TBI, Jadi Lancar Nulis Bahasa Inggris

Salah satu yang saya senangi dari bergelut sebagai blogger adalah, kita dapat upgrade ilmu dari berbagai hal. Mulai creating content, videography, social media management, sampai tentu ilmu intinya yang mesti berkembang, yaitu menulis kreatif.  

Ada banyak cara buat mengembangkan diri sih asalkan kita mau belajar, salah satunya minggu kemarin saya barusan menyelesaikan short course for creative writing dengan The British Institute, institusi pendidikan yang fokus pada pelatihan dan pembelajaran Bahasa Inggris. 

Jadi, nulis dalam bahasa Inggris, gitu? Yeah, why not, kan? Kita blogger sudah seringkali dapat tawaran job menulis dalam Bahasa Inggris, ya mau nggak mau harus bisa dong kalau mau gajian dolar ...

Lagi pula, ilmu creative writing ini bisa diterapkan ke dalam bahasa apa pun. So, nggak ada ruginya kita ikutan pelatihan kayak begini apalagi dimentorin sama institusi Bahasa Inggris yang kredibel dan sudah puluhan tahun malang melintang di Indonesia. Skill meningkat, cuan pun bertambah ;)

Lama banget nggak jadi murid kursusan, tiga hari belajar bareng TBI seru bangeeett... TBI tau banget deh kerjaan blogger itu salah satunya bikin review, dengan teacher yang keren seperti Ms Agnes dan Ms Prima, kami diajarkan gimana caranya bikin tulisan review yang komprehensif memakai kalimat-kalimat yang baik dan berimbang. 

Day 1: Movie Review 

Coba tebak, apa bedanya kosakata movie dan film
Dari segi arti, movie dan film sama aja sih... hanya aja, sebagaimana kita tahu tentang dualisme Bahasa Inggris, movie biasa dipakai di American English, sedangkan film dipakai di British English. Belakangan, konotasinya sering bergeser, film dianggap punya pengertian yang lebih luas daripada movie karena tidak sekadar cerita bergerak tapi mencakup ke sinematografinya juga.

Nah, di sini tuh kita diajak untuk mengenali informasi-informasi yang diperlukan saat membuat review film. Jadi nggak perlu semuanya jugaa diceritakan dalam review, namanya pun review, bukan recap yang ditulis per adegan sampai ke dialog-dialognya, hihi. 


Informasi penting dalam mereview film antara lain; siapa sutradaranya (termasuk karya-karya dari sutradara tersebut untuk membuat kredibilitas sebuah film), dibuat tahun berapa, siapa saja pemainnya dan perannya sebagai apa. Yang nggak kalah penting, info berapa lama durasi film tersebut berlangsung. Penting dong, apalagi buat yang nontonnya di bioskop, perlu spare waktu sebelum dan sesudahnya jika ada agenda kegiatan lain. 

Tapi yang paling penting lagi dari sebuah review film adalah JANGAN SPOILER yes!! 

Day 2: Restaurant Review 


Hari kedua tambah seru niih, karena membahas tentang yang sering kita tulis. Review kuliner atau tempat makan. Khusus review tempat makan ini kita harus hati-hati karena menyangkut usaha orang lain. Nggak jarang kan sering nemu kasus-kasus viral yang melibatkan pemilik usaha dan pelanggan yang nggak sesuai ekspektasinya. 

Nah, di sini kami dilatih untuk mengungkapkan ekspresi yang jelas tapi dengan kata-kata yang lebih variatif. Jadi nggak sekadar delicious, not delicious dan very delicious. Usahakan kayak di bawah ini yaa.. jadi tulisannya nggak itu-itu aja, pilihan kosa katanya lebih kaya untuk menyampaikan sesuatu yang positif dan negatif. 


Juga dalam menuliskan restaurant review, hendaknya kita tidak hanya membicarakan rasa atau tampilan makanannya saja tapi juga ambiance, cleanliness, dan tentunya harga. Karena pembaca kita berasal dari berbagai kalangan, informasi umum ini mesti tersedia untuk mengakomodir semua kepentingan. 

Day 3: News Report 


Di hari ketiga alias terakhir ini, kami berlatih menulis laporan berita atau peristiwa. Susah susah gampang yaa, karena saat mengisi kata-kata kosong dalam sebuah berita, kami sempat kebingungan diisi kata apa nih, subjek, kata kerja, atau kata sifat. 

Dalam menulis fakta seperti ini, kita harus awas dengan informasi-informasi penting (5W1H) tanpa memasukkan unsur opini dulu saat menyampaikan. Singkat, padat, jelas. Barulah opini sebagai blogger dimasukkan sebagai pembuka dan penutup supaya postingan blognya tidak kaku seperti portal berita.

Dalam mencerna informasi ternyata kita sering keburu-buru baca, dan inilah asal mulanya darurat literasi yang sering bikin salah paham, hoax menyebar, dan lain-lain. Aduh jangan sampai lah ya blogger jadi agen kayak gini. Penting buat kita membaca suatu informasi pelan-pelan, termasuk brief job juga kan yaaa... sehingga kita bisa menyampaikan kembali dalam bentuk tulisan sendiri yang jelas, benar, dan informatif. 

Overall, happy banget saya tuuhh bisa belajar lagi di TBI setelah empat tahun lalu ambil short course juga, tapi dengan materi yang berbeda. TBI emang sevariatif itu dalam memberikan materi dan gaya pembelajaran, menyesuaikan dengan kebutuhan muridnya. 

Sebagai blogger yang kerjaannya sehari-hari menulis, nggak boleh stuck ngerasa sudah jago karena keterampilan tetap harus diasah. 

“Writing skill termasuk skill aktif, ketika kemampuan menulis dalam bahasa Inggris tidak rutin dilatih maka akan tumpul. Latihan yang konsisten serta mencari bimbingan yang tepat dapat memperbaiki tata bahasa, ejaan, dan gaya penulisan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri saat ingin mengekspresikan ide dalam menggunakan bahasa Inggris,” begitu kata Diah Pratiwi Soehendro, Marketing Communication Manager TBI. Bener banget, Mbak Diah! 

Anak saya yang sulung juga sempat kursus di TBI Malang waktu SD dan hasilnya English si kakak berprogress dengan sangat baik. Alhamdulillah. 

Tentang TBI

The British Institute, yang juga dikenal sebagai TBI, didirikan pada 18 Februari 1984 sebagai salah satu institusi pendidikan yang fokus kepada pembelajaran atau pelatihan bahasa Inggris. TBI yang didukung oleh UTC (UniSadhuGuna Testing Centre) adalah satu-satunya institusi pelatihan bahasa Inggris di Indonesia yang memiliki lisensi dari Cambridge University Press and Assessment, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages).

Dengan menerapkan metode pengajaran eklektik (eclectic approach), TBI menitikberatkan pelajaran di kelas pada kebutuhan siswa (student-centered learning), yang relevan dan praktikal. TBI memiliki tenaga pengajar baik asing (native) maupun lokal (non-native) yang berpengalaman dan berstandar kualifikasi internasional.

Kenapa Kursus Bahasa Inggris di TBI Malang?

1. Berkualitas

Sebagaimana TBI yang lain, kualitas TBI Malang tidak perlu diragukan lagi dari segi metode pengajaran, atmosfer kelas, tenaga pendidik, kurikulum, serta modul atau panduan yang digunakan.

2. Sistem pembelajaran beragam

• Offline learning
• Online learning

Peserta kursus bahasa Inggris TBI juga bisa belajar di mana saja dan dari mana saja. Hal ini dikarenakan TBI memiliki kelas yang dapat diakses secara daring dan aplikatif.

3. Lokasi strategis

TBI Malang berada di lokasi strategis yang sangat dekat dengan pusat perbelanjaan, perkantoran, tempat makan, sekolah, dan sebagainya.

4. Jadwal kelas variatif

Jadwal belajar peserta kursus bahasa Inggris TBI Malang sangat variatif. Peserta dapat memilih sesuai kebutuhan, dari Senin hingga Sabtu mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB.

5. Trial Classes

Untuk calon peserta kelas Children (usia 4-9 Tahun) dapat mencoba kelas terlebih dahulu sebelum join class apakah kelasnya sesuai dengan level dan bisa mengikutinya.

6. Biaya kursus terjangkau

Biaya yang terjangkau jadi nilai tambah tersendiri. Apalagi setiap bulannya selalu ada promo program kursus. Khusus untuk bulan Juli ini ada promo Back To School dari tanggal 15 Juli - 31 Agustus 2024 TBI Malang menawarkan diskon s/d 1,5 JUTA RUPIAH untuk program Preschooler, Very Young Learners, Children, Pre-teenager, dan Teenager.

7. Program kursus sesuai tingkat kemampuan & kebutuhan

Selain kelas untuk publik yang mencakup anak-anak hingga remaja, TBI Malang juga memfasilitasi kebutuhan perusahaan maupun institusi untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris karyawan melalui program pelatihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri perusahaan bersama dengan tutor bersertifikasi internasional. Dengan demikian, karyawan perusahaan akan lebih banyak peluang untuk promosi jabatan dan juga pengembangan karir ke arah manajerial atau peran internasional.

Libur sekolah telah usai, saatnya kembali ke sekolah! Dapatkan diskon dan berbagai penawaran menarik lainnya termasuk Lucky Dip (Study Voucher & Shopping Voucher) TBI BACK TO SCHOOL 2024! Dan jangan lewatkan juga kesempatan untuk dapatkan Grand Prize: Smart Tablet* (*terdapat di sekolah tertentu)

Daftarkan anak Anda sekarang: wa.me/6287815963475

#TBI #TheBritishInstitute #EnglishwiththeBest #kursusbahasainggris #programbahasainggris #belajarbahasainggris

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url