5 Alasan Butuh VPN: Buka Geoblocking dan Lindungi Privasi

Meski internet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari saat ini, pemakaian akses internet juga kadang tidak selalu mulus. Salah satu masalah yang sering dihadapi pengguna internet adalah adanya geo-blocking atau geo locking. 

Geoblocking adalah praktik memblokir akses ke konten internet berdasarkan lokasi geografis pengguna. Hal ini dapat membuat frustrasi, terutama ketika ingin mengakses situs web atau layanan yang tidak tersedia di wilayah kita. 

Beberapa kali kejadian blog saya (dan juga beberapa blog tertentu) nggak bisa dibuka sama teman yang tinggal di Thailand. Terus ada juga beberapa drakor seru yang entah kenapa nggak tayang di platform di Indonesia seperti Undercover-nya Ji Jin Hee. Jadi rugi banget, yakaaan :( 


Cara kerja geoblocking ini dengan mengenali lokasi pengguna melalui internet geolocation techniques, seperti:
  • Mengecek alamat IP pengguna dan membandingkannya dengan daftar hitam atau daftar putih.
  • Melakukan query GPS pada perangkat seluler pengguna.
  • Memeriksa akun pengguna.
  • Mengukur waktu jaringan (end-to-end delay) untuk memperkirakan lokasi fisik pengguna.
  • Dengan informasi lokasi tersebut, layanan internet dapat membatasi akses ke konten digital tertentu.
Untungnya, ada solusi untuk mengatasi geoblocking nih, lewat VPN (Virtual Private Network). VPN bekerja dengan cara mengenkripsi traffic internet dan merutekannya melalui server yang aman di negara lain, sehingga menyembunyikan lokasi kita yang sebenarnya dan memungkinkan kita untuk mengakses konten yang diblokir.

Kenapa Butuh VPN?

Orang-orang mengira VPN ini ilegal karena seperti menerobos masuk pagar larangan. Nyatanya,  secara umum, menggunakan VPN legal di sebagian besar negara di dunia, termasuk Indonesia. Pada beberapa hal, kita juga membutuhkan VPN untuk kepentingan tertentu. 

1. Melindungi Privasi Online

VPN menyembunyikan alamat IP dan aktivitas online dari pihak ketiga, seperti ISP, pemerintah, dan peretas. Hal ini membantu untuk menjaga privasi dan menghindari pelacakan online.

2. Meningkatkan Keamanan Saat Berinternet

VPN mengenkripsi traffic internet, sehingga data terlindungi dari peretas dan pengintai. Hal ini penting saat kita menggunakan Wi-Fi publik, yang sering kali tidak aman.

3. Melewati Sensor Internet

Di beberapa negara, pemerintah memblokir akses ke situs web dan layanan tertentu. VPN dapat membantu melewati sensor internet dan mengakses konten yang diblokir.

4. Menghemat Uang

Beberapa layanan online menawarkan harga yang berbeda berdasarkan lokasi geografis. VPN dapat membantu untuk mendapatkan harga yang lebih murah dengan menghubungkan kita ke server di negara dengan harga yang lebih rendah.

5. Meningkatkan Kecepatan Internet:

Dalam beberapa kasus, VPN dapat membantu meningkatkan kecepatan internet dengan mengoptimalkan rute traffic.

Penggunaan VPN

Mengakses situs web streaming

Banyak situs web streaming, seperti Netflix dan Hulu, memblokir akses dari negara-negara tertentu. VPN dapat membantu untuk mengakses situs web ini dan menonton acara favorit.

Bermain game online 

Beberapa game online hanya tersedia di negara-negara tertentu. VPN dapat membantu untuk bermain game ini dengan menghubungkan ke server di negara yang tepat.

Mengunduh file

Beberapa situs web file-sharing memblokir akses dari negara-negara tertentu. Daripada greget nggak bisa download file penting seperti jurnal misalnya, ya pakai VPN aja. 

Berbelanja online

Beberapa toko online menawarkan harga yang berbeda berdasarkan lokasi geografis. VPN dapat membantu untuk mendapatkan harga yang lebih murah dengan menghubungkan kita ke server di negara dengan harga yang lebih rendah.

Memilih VPN yang Tepat

Ada banyak VPN yang tersedia di pasaran, dan tidak semua VPN dibuat sama. Sedikit tips VPN nih,  penting untuk memilih VPN yang menawarkan fitur-fitur penting seperti enkripsi yang kuat, kebijakan no-log, dan kill switch. Perlu juga harus mempertimbangkan harga, kecepatan, dan kemudahan penggunaan.

Meskipun VPN legal di sini, menggunakannya untuk melakukan aktivitas ilegal tetaplah melanggar hukum. Contohnya, menggunakan VPN untuk mengunduh konten bajakan atau mengakses situs web gelap.

Beberapa negara memiliki batasan tentang jenis VPN yang boleh digunakan. Pastikan memilih VPN yang legal dan terpercaya di Indonesia.
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Fajarwalker.com
    Fajarwalker.com 31 Mei 2024 pukul 11.23

    Seringkali VPN identik sama hal negatif. Padahal sebenarnya banyak nilai positifnya ya.
    Salah satunya ya itu, bisa lebih menjaga privacy juga dan aman saat berinternet.

Add Comment
comment url